Klik Disini!

Home » » Refleks Pada Bayi

Refleks Pada Bayi

Written By Pertamini garut on Minggu, 22 Januari 2017 | Januari 22, 2017

"Refleks Pada Bayi"

Pada satu bulan pertama kehidupannya, saat Ayah-Bunda menyentuhkan jari di dekat bayi Ayah-Bunda, ia akan refleks mengenggamnya. Refleks mengenggam yang dilakukan bayi ini merupakan hal wajr, disebut juga sebagai refleks palmara grasp. Setelah refleks ini hilang, tangan bayi akan berfungsi meraih sesuatu. Selain refleks tersebut, ada pula beberapa refleks lain pada bayi baru lahir, yaitu refleks rooting, refleks sucking, refleks moro, refleks babinski, serta refleks tonic neck.

Refleks rooting merupakan refleks yang mendorong si bayi menemukan payudara ibu untuk menyusu. Saat Bunda menyentuh pipi si kecil dengan jari Bunda, maka si kecil akan mengarahkan dan membuka mulutnya ke arah jari tersebut. Refleks ini dimiliki bayi baru lahir dan mulai mengilang saat usianya menginjak 4 (empat) bulan. 

Refleks sucking merupakan refleks menghisap. Saat bayi disodorkan jari atau payudara ibu, ia akan menghisapnya. Refleks ini penting agar bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup untuk menutrisi tubuh dan menunjang tumbuh kembangnya. Jika sikecil demam atau sedang berada dalam kondisi yang kurang fit, salah satu gejala yang dapat Bunda amati adalah dengan melihat refleks sucking-nya. Jika si kecil menghisap ASI dengan lemah dan tidak mau menyusu, segera konsultasikan ke dokter kepercayaan Bunda.

Refleks moro merupakan refleks tiba-tiba saat bayi mendengar suara atau gerakan yang mengejutkannya. Saat ia terkejut, bayi akan melengkungkan punggungnya, melemparkan kepalanya kebelakang, dan merentangkan tangan dan kakinya. Gerakan ini merupakan refleks mempertahankan diri pada bayi baru lahir

Refleks babinski merupakan gerakan menarik kaki atau jemari kaki yang mengembangkan saat kaki bayi disentuh. Refleks ini ada pada bayi sampai usia mencapai 11-12 bulan. Refleks ini penting untuk mengamati adanya indikasi kalainan sistem motorik utama bayi atau gangguan sistem saraf pusat.

Refleks tonic neck merupakan refleks mempertahankan posisi leher atau kapala yang timbul saat bayi ditelentangkan. Refleks ini timbul saat bayi berusia 1-5 bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Cara Merawat Anak - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger